Wednesday 16 July 2014

Kehilangan 'Dua Bakso' dari Tubuh


          Pernah masuk ruang operasi? Pernah! Sebagai tenaga kesehatan tidak aneh jika saya pernah keluar masuk ke ruang ini. Walaupun sebagai penonton, maksimal jadi ‘asisten’. Asisten di sini maksud saya adalah orang yang menyodorkan alat operasi kepada orang yang berhak melakukan operasi.
           Ruang operasi memberi makna tersendiri bagi saya. Betapa waktu itu sangat dihargai di sini, tidak ada orang yang bisa menyepelekan waktu. Bagi pelaksana operasi sendiri, waktu berkejar-kejaran dengan hidup seseorang. Sedetik itu berharga, terlambat sedikit saja pelaksana operasi tidak bisa membantu orang untuk bernafas lebih lama. Walaupun kita tahu, hidup mati seseorang ada di tangan Tuhan. Bagi keluarga yang menanti di luar operasi, sedetik itu bagai satu jam. Waktu terasa begitu lambat. Mereka begitu lama menanti orang yang mereka cintai kembali dari ruang operasi dengan harapan masih sanggup bernafas. Walaupun kita tahu, hidup mati seseorang ada di tangan Tuhan.
          Saya sendiri pernah merasakan dinginnya ‘meja operasi’. Bulan November 2011, saya bolak balik RSUD Saras Husada, Purworejo untuk mengatur jadwal operasi saya karena bulan itu bertepatan dengan Ujian Kompetensi Profesi saya. Sebelumnya, saya sering masuk ke Poliklinik THT dengan keluhan tonsil a.k.a amandel saya yang mengganggu kesehatan saya. Setiap makan ‘makanan nakal’ saya langsung radang tenggorokan dan sering pilek. Tahun 2008 saat saya kelas 3 SMA, saya pernah ditawari untuk operasi amandel, akan tetapi mental saya belum kuat dan sebentar saya menghadapi Ujian Akhir Nasional. Gak lucu kan, saya sedang try-out tapi kondisi badan sedang ringkih.
         Akhirnya, tahun 2011 ini memantapkan mental untuk operasi walaupun operasi ini termasuk operasi tidak gawat. Berbekal Asuransi Kesehatan dari pekerjaan kedua orang tua saya (saya bersyukur dengan kondisi ini) sore itu saya masuk Paviliun RSUD tersebut ditemani ayah dan pacar saya. Para perawat sempat kebingungan menanyakan yang mau dirawat yang mana karena saya datang sehat bugar dan bisa jalan. Laaaah…… saya kan masih bisa jalan dan gak perlu didorong pakai kursi roda. Sejak saat itu mereka suka memanggil saya ‘Mbak Amandel’. Hahaha ….terimakasih atas julukan barunya untuk saya.
          Prosedur sebelum operasi adalah puasa di malam hari sampai keesokan harinya. Saya mah sanggup saja menjalaninya, yang gak kuat itu prosedur skin test. Apa itu skin testSkin test berfungsi untuk mengetahui apakah kita punya alaergi antibiotik atau tidak (cmiiw). Entah saya harus ‘ALHAMDULILLAH!’ atau bilang ‘ASEM!’ karena apa? Karena skin test itu nyerinya minta ampun! Melebihi digigit 100 semut. Pengen tahu rasanya? Silakan browsing tentang pedihnya skin test. Saat itu saya merasakan karma sedang terjadi. Emang sih, dulu waktu kuliah saya suka menyuntik skin test ini kepada pasien rumah sakit. Sekarang giliran saya yang disuntik. Huhuhuhu…
Jeng…..jeng… jeng ……
           Pagi hari pun tiba, jadwal operasi saya pukul 09.00 WIB, saya ditemani ibu dan pacar saya untuk menyiapkan diri saya. Mulai dari memakai baju operasi. Tenaaaang pacar saya gak ngebantuin makein kok, hihihihi. Waktu itu sih saya masih bisa ketawa-ketiwi, ehh memasuki ruang operasi dengan AC yang menerpa bulu kuduk kok saya jadi deg-degan. Beberapa kali saya menggerakkan kedua kaki saya karena deg-degan
’Deg-degan ya?’ Tanya dokter kesayangan saya
‘Siapa sih dok, yang gak deg-degan?ehehehe’
‘Berdoa ya semoga lancar, kita mulai operasinya’
         Saya pun mengangguk lemah saat ada yang memasang alat untuk merekam kondisi jantung saya. Sekali lagi saya hanya mengangguk lemah saat dokter atau perawat anestesi bilang
‘Mbak, udah siap? Saya suntik anestesi ya…’
         Tidak ada 5 detik kemudian, saya terlelap tidur. Bukan tidur sih, lha wong saya gak mimpi apapun. Sebelum masuk ruang operasi saya berdoa saya tidak mengalami anesthetic awareness seperti yang dialami Clay Beresford di film AwakeAnesthetic awareness suatu kondisi dimana obat bius yang disuntikkan ke tubuh pasien tidak cukup kuat untuk membuatnya tak sadar. Jadi, saat di operasi kita merasakan pisau kecil menyentuh kulit kita tetapi kita tidak bisa teriak minta tolong. Karena posisi kita sudah tidak sadar tetapi masih bisa merasakan sakit. Ngeri? Memang!
        Tiba-tiba saya merasakan perih dan panas di tenggorokan saya, mau menelan ludah saja sakit. Refleks saya memanggil ibu saya, begitu tahu saya sadar perawat yang berada di dekat saya segera memanggil ibu saya yang berada di luar ruangan. Lohhh kok ibu saya nangis? Saya kan masih bisa bernafas, oh mungkin beliau terharu atau ini mimpi. Saya cubit tangan saya, kerasa kok saya panggil ibu saya beliau melihat saya kok. Jadi memang saya sudah sadar dari anestesi dan tidak mengalami anesthetic awareness. Ayo pemirsa bilang apa…?! ALHAMDULILLAH!!!
         Prosedur bagi pasien pasca operasi amandel adalah minum es agar luka cepat menutup dan tidak keluar darah lagi (cmiiw). Di kamar Paviliun sudah tersedia termos isi es batu dan sirup. Ngahahaha… kesempatan nih, saya minta keluarga saya untuk ke toko terdekat buat ngeborong es krim. Ngahaahaha…
          Enak sih bisa makan es krim, tapi perlu kalian ketahui tenggorokan itu rasanya PERIH PISAN, BROHHHH!. Saat itu pun saya marah dengan bahasa tarzan (buat ngomong pun susah) kepada kakak perempuan dan keponakan saya.
‘Katanya gak sakit?! Ini sih memang gak sakit tapi LORO BIANGEEEET TAUUK!’.
Reaksi mereka? Ketawa sepuas-puasnya! Kampret!
Fyi, kakak dan keponakan saya terlebih dulu dioperasi. Kalau saya makan makanan dengan rasa pedas dan asam itu tenggorokan saya seperti ditusuk-tusuk. Sampai seminggu pun masih terasa perih untuk menelan apalagi saat itu musim durian, kalau durian yang saya makan sangat manis dan mendekati agak pahit langsung tuh tenggorokan saya sakit. Alhamdulillah yah, saya masih dikasih rasa sakit dan kemampuan bernafas.
        Tapi rasa sakit saya sekarang bisa tergantikan dengan saya jarang radang tenggorokan dan pilek. Ngahahaha….alhamdulillah!
         Tuhan selalu memberi kenikmatan setelah kesusahan. Ya kan pemirsahhh?!! BETUL!!. Sesampai di rumah saya diperlihatkan 2 amandel yang berhasil diambil tadi, bentuknya seperti bakso urat. Kenyal, agak kasar, brenjol-brenjol, diameter kira-kira 1-1,5cm kalau tidak salah.
           Mungkin setelah saya menulis ini, ada yang akan menggagalkan jadwal operasinya. Hei, sebelum menggagalkan sebaiknya banyak baca buku atau meminta nasihat kepada dokter kesayangan Anda. Jangan terpengaruh dengan cerita saya.Oke? Oke sip!
Salam cium,
Perempuan yang kehilangan ‘dua bakso’ dari tubuhnya.


Tulisan ini pernah saya muat tanggal 28 April 2014 di sini :) 

No comments:

Post a Comment